Minggu, 15 September 2019

PERTEMUAN KE 6

asslamualaikum

ruang adalah tempat di permukaan bumi yang bisa dimanfaatkan mahkluk hidup untuk tinggal, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian.

interaksi adalah suatu proses yang sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku


Interaksi antar ruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya

 perubahan ruang dan interaksi ruang dapat terjadi antara desa dengan kota, dan dalam skala luas dapat terjadi antarnegara dan benua

Pengaruh interaksi keruangan biasa terjadi antarnegara dan antarbenua. Jarak yang jauh kini tidak lagi menjadi hambatan dalam melakukan interaksi berkait kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta transportasi. Peristiwa di suatu negara dengan cepat disaksikan oleh penduduk di negara atau benua lain.



1. Kasus Pertama
Robot akan menggantikan peran manusia, bagaimana menurut kalian ? 
klik link di bawah ini.

https://economy.okezone.com/read/2019/03/19/320/2032220/era-robotik-jadi-ancaman-bertambahnya-jumlah-pengangguran

 2. Kasus ke dua
kecanduan game online
https://www.merdeka.com/peristiwa/kecanduan-game-online-10-anak-di-banyumas-alami-gangguan-mental.html



Untuk memecahkan kasus diatas, lakukanlah langkah-langkah pemecahan masalah sebagaiberikut :
1.    Setelah membaca dan memahami kasus di atas, rumuskan kembali permasalahanapa yang dapat kalian selidiki dari kasus tersebut?
2.      Coba buatlah rumusan hipotesis (dugaan sementara) dari permasalahan diatas?
3.      Untuk membuktikan hipotesis kalian, jalinlah kerjasama dengan anggota kelompokmu.
a.       Carilah keterangan-keterangan lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut (dalam buku atau literature lain), sebagai bahan untuk memecahkan permasalahan!
b.      Faktor apa yang menyebabkan?
c.       Bagaimana hal tersebut terjadi?
d.      Tuliskan solusi dari permasalahan diatas?
4. tuliskan jawaban di kolom komentar

30 komentar:

  1. Nama: Vania Ainun M. H.
    Kelas: IX-I
    Kasus: 1

    Menurut saya, menggunakan robot dengan teknologi yang sudah mulai canggih juga ada manfaatnya yaitu pekerjaan akan lebih efisien, lebih efektif, menghemat tenaga manusia, juga menjadi lebih cepat selesai. Tetapi jika semua pekerjaan digantikan oleh robot, lowongan pekerjaan akan lebih sedikit sedangkan manusia terus menerus bertambah akibatnya orang-orang akan banyak yang tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran. Solusinya, harus lebih banyak dibuka lowongan pekerjaan dan jangan semua pekerjaan digantikan oleh robot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus: 2

      Menurut saya, seharusnya para orang tua membatasi pemakaian gadget pada anaknya, agar tidak terjadi kecanduan bermain game hingga berdampak gangguan mental yaitu dengan membatasi, tidak memberikan anak yang masih dibawah umur untuk menggunakan handphone.

      Hapus
  2. Tentang pembahasan ini saya semakin mengerti apa yg di sampaikan pada pertemuan kali ini

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas pembahasan nya (dickym )

    BalasHapus
  4. Mantap pak ashiapp santuy, kapan nikah?

    BalasHapus
  5. nama:Moch. goldion f
    IX-I
    Absrn 16
    menurut saya,robot dapat mempermudah tapi banyak juga buruknya.robot dapat membantu pekerjaan,tapi karena lebih efisien,robot dapat membuat manusia bermalas malasan.solusinya menurut saya kita harus membatasi penggunaan robot agar manusia tidak bermalas malasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Mughnii
      IX-i
      Absen:19
      menurut saya,robot dapat mempermudah tapi banyak juga buruknya.robot dapat membantu pekerjaan,tapi karena lebih efisien,robot dapat membuat manusia bermalas malasan.solusinya menurut saya kita harus membatasi penggunaan robot agar manusia tidak bermalas malasan

      Hapus
  6. nama : naurah afifah (23)
    kelas : ix-i

    kasus : 1
    sebetulnya penggunaan robot sangat memudahkan pekerjaan manusia, tapi disamping itu banyak sekali dampak negatif dari penggunaan robot sebagai pengganti manusia, semakin banyak robot yang menggantikan pekerjaan manusia semakin banya pula manusia yang menjadi pengangguran. Penggunaan robot bertujuan untuk menghemat produksi lapangan, selain itu kebanyakan robot lebih canggih dari pada manusia bisa melakukan segala hal seperti manusia.seharusnya penggunaan robot diimbangi dengan manusia, misalnya manusia tidak sepenuhnya digantikan robot.

    kasus 2 :
    Menurut saya, kasus ke-2 ini terjadi karena karena anak tersebut telah kecanduan bermain game. Kasus kecanduan game sangat sering terjadi disekitar kita, banyak orang tua yang sudah memberikan handphone kepada anaknya yang dibawah umur, bahkan anak dibawah umur sudah pintar mendownload game, pada jaman ini game sangat mudah untuk didownload, mereka dengan leluasa mendownload game yang mereka inginkan. Seharusnya orang tua rajin rajin mengontrol handphone anaknya, orang tua harus mengingatkan anaknya kapan untuk bermain game dan kapan untuk belajar. Main game boleh, tapi kita harus tau batasan waktu kita untuk bermain game. Orang yang sudah kecanduan bermain game akan sulit sekali memberhentikannya. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan selain bermain game, bahkan lebih asik kita bisa bermain permainan tradisional seperti dulu sebelum game merajalela dikalangan kita

    BalasHapus
  7. Nama : giska aliya levia
    Kelas : 9-i
    Kasus : 1 (robot)
    Pendapat: adanya robot untuk membantu kehidupn manusia ada hal positif dan negatifnya, hal positifnya pekerjaan manusia bisa dibantu, bisa lebih cepat diselesaikan dan memicu orang² untuk menciptakan teknologi yang canggih dan berguna. Hal negatifnya dengan adnya robot mengakibatkan manusia jadi lebih malas, mengurangi keproduktifan pada masyarakat , skill atau kemampuan yang dimiliki masyarakat menjadi minim, dan kurang nya berinteraksi dan bersosialisasi antar masyarakat karena orang² malas dan lebih memilih diam di suatu tempat dengan bantuan pekerjaan dari robot. Jika semua masyarakat sudah terbiasa dengan robot dan menjadi malas tentu saja masa depan dunia atu bangsa indonesia menjadi buruk dengan banyaknya orang yang kurang berprestasi dan tidak mau bekerja atau banyaknya pengangguran



    Kasus 2
    Faktornya karena orang orang bosan dan lebih memilih untuk bermain game, hal itu terjadi karena ketidak puasan seseorang saat kalah bermain game, solusinya kita boleh saja bermain game tapi harus ada batasan waktunya orang orng disekitar seperti orang tua harus memperhatikan anaknya aga diberikn batasan untuk bermain game , dan lakukan lah kegiatan yang produktif agar tidak bosan lalu bermain game.

    BalasHapus
  8. Menurut saya pembahasan ini penting karna banyak org yg telh di kuasai dengan kemalasan (adic)

    BalasHapus
  9. Nama:Helen N
    Kelas:9I

    Kasus 1

    Peran robot yang akan menggantikan manusia, banyak membawa pengaruh bagi kehidupan kita. Seperti, robot bisa membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, disamping itu jika pekerjaan manusia digantikan oleh robot membawa pengaruh negatif yaitu tingkat pengangguran manusia semakin meningkat. Untuk itu, sebaiknya robot boleh digunakan sebagai alat bantu pekerjaan manusia, tetapi disesuaikan agar tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu, kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus bisa melawan rasa malas yang akan berdampak bagi kehidupan dimasa yang akan datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus 2

      Menurut saya, seseorang yang kurang perhatian dari orang tua, dia akan punya rasa kebebasan. Seperti bermain game online terus menerus, tanpa memikirkan kewajiban dia untuk belajar. Biasanya seseorang yang sudah kecanduan bermain game online, dia akan menyendiri di kamar yang mengakibatkan kurangnya bersosialisasi dengan teman sebayanya. Kecanduan game online pula menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental. Selain disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua, gangguan mental ini juga bisa berasal dari keluarga yang tidak harmonis. Untuk itu, kita boleh saja sesekali bermain game online untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan, tetapi kita harus tau waktu dimana kita harus bermain dimana kita harus belajar. Selain itu, seharusnya orang tua lebih membatasi anaknya untuk memakai handphone.

      Hapus
  10. Nama : Alia Reinacaesar
    Kelas: IX-I

    Pada awalnya robot diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia namun semakin hari robot semakin canggih. Faktor pendukung robot semakin canggih karena keinginan manusia untuk berlomba lomba membuat kecerdasan buat yg diterapkan pada robot dan jika di bidang industri untuk meningkatkan hasil produksi. Seperti pelayan yang ada di beberapa restoran di negara negara lain yang sudah tergantikan oleh robot. Untuk saat ini kita dapat menandingi kecerdasan yang dimiliki robot dengan belajar sungguh dan harus memmiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Karena 1 sel dna yang ada di otak manusia dapat menampung informasi yang ada di google atau buku ensiklopedia.

    2. Game Online

    Bermain game online todak ada salahnya namun harus dibarengi dengan pembagian waktu yang cukup. Kecanduan akan mucul apabila seseorang memainkan game tersebut secara terus menerus tanpa pembagian waktu yang tepat. Hal ini bisa terjadi juga karena orang tersebut merasa kesepian atau hal lainnya. Untuk menghindari hal tersebut kita harus bisa atau bijak dalam bermain game online.

    BalasHapus
  11. Nama:adicahya
    Kls:9I
    Kasus:2

    Menurut saya solusinya adalah bahwa anak-anak harus dibatasi dalam bermain terutama dlm game

    BalasHapus
  12. Nama: Shintya Aurina
    Kelas: IX-I

    •kasus pertama mengenai robot sebagai pengganti manusia, itu faktor nya karena cara kerja robot juga lebih cepat jadi masyarakat yg berkecukupan untuk membeli robot lebih memilih membeli robot daripada memperkerjakan manusia, malah juga mempersempit lapangan kerja, karna masyarakat yg berkecukupan lebih memilih memakai robot daripada memperkerjakan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Hal ini juga terjadi karna masyarakat yg berkecukupan lebih ingin yang cepat, tepat,dan juga praktis. Solusi yg baik sebaiknya pemerintah berfikir dua kali juga untuk mengimpor robot ke negara ini.

    •kasus kedua mengenai anak yg kecanduan bermain game online. Anak yg sudah kecanduan bermain game online sulit untuk berhenti kecanduan, karna sistem rangsang otak terhadap bermain juga sudah melekat. Kecanduan terhadap game online memiliki sisi positif dan negatifnya juga, sisi positifnya itu kadang dari bermain game online juga bisa menghasilkan penghasilan sendiri jika kita menggunakannya dengan baik, tetapi dari sisi negatif nya bermain game online terkadang membuat seorang anak malas untuk belajar, berinteraksi dengan yg lain, dan juga bisa menimbulkan penyakit pada mata misalnnya iritasi. Solusinya, agar semua orang tua memantau keseimbangan antara ketika anak bermain game dengan anak belajar di sekolah. Tapi tidak seharusnya orang tua melarang anaknya bermain game, tapi ketika anak diberi telepon genggam untuk bermain game orang tua juga harus menyesuaikan dengan umur anaknya, minimal ketika diberi telepon genggam anaknya itu berumur lebih dari 10 tahun.



    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  13. M.Rafiansyah.w(20)
    Kelas 8i
    Jika semua perusahaan menggunakan robot maka tingkat pengangguran di Indonesia akan meningkat dan itu bisa menyebabkan kemiskinan dimana mana yg lebih parah lagi dengan kecanggihan robot dijaman Sekarang para robot tersebut memiliki pemikiran layaknya manusia bahkan lebih pintar dari manusia itu sendiri lalu mungkin saja robot dapat mengambil alih dunia ini dari manusia
    Maka dari itu kita sebagai generasi masa depan tidak boleh terlalu termakan oleh teknologi karena bisa jadi teknologi itu sendiri yg menguasai kita walaupun teknologi itu mempermudah segala urusan kita namun terdapat dampak negatifnya juga.

    BalasHapus
  14. Nama:Fasha pricilia.s
    Kelas:9i

    Kasus 1
    Menurut saya dengan adanya robot yang membantu akan sangat baik dan bisa menjadi perkembangan di masa depan tetapi jika terlalu membantu akan membuat manusia menjadi malas untuk mengerjakan pekerjaan sehari2,faktor yang biasanya terjadi karena teknologi yang semakin canggih,solusinya kita sebagai manusia jangan terlalu bergantung dengan teknologi dan tetap mengerjakan aktivitas sehari2.


    Kasus 2
    Semakin berkembangnya zaman teknologi semakin canggih,sekarang banyak sekali anak2 yang bermain game online tanpa mengenal waktu,faktornya karena anak2 kurang diperhatikan dan dibiarkan bermain game online setiap hari sehingga mereka menjadi terbiasa sehingga membuat kecanduan,mereka akan merasakan bahwa game online sudah menjadi kebiasaannya,solusinya jangan terlalu banyak bermain game online cukup sewajarnya saja

    BalasHapus
  15. Kasus 1
    orang orang cerdas membuat robot untuk mempermudah pekerjaan manusia.
    manusia yg malas akan lebih memilih robot dibandingkan tenaga kerja manusia karena akan lebih bagus hasilnya tapi lama kelamaan peran manusia akan tergantikan oleh adnya robot.
    adanya robot itu bagus tapi penggunaannya tergantung dari siapa konsumennya.
    penggunaan robot untuk melakukan pekerjaan manusia sebaiknya dikurangi/ menggunakan robot untuk keperluan yg penting


    Kasus 2
    Menurut saya bermain game dapat menghilangkan stres tapi kita harus tau waktu/batasan dalam bermain game,
    Karena jika bermain game terlalu lama akan mengakibatkan kecanduan,membuat mata sakit dan perih.main game juga dapat bamenyebabkan otak dan saraf terganggu.solusinya kita harus punya batasan waktu dalam bermain game

    BalasHapus
  16. Nama: Helsa Tifania
    Kelas:IX-I

    kasus pertama
    Menurut saya,faktor banyak nya pengangguran di karenakan para pengusaha lebih mengutamakan ke efisienan.mereka memikirkan untuk mengeluarkan modal sekecil-kecil,tapi bisa mendapatkan untung sebesar-besarnya.majunya ilmu teknologi juga sebagai pendorong dari tergantikannya tenaga manusia menjadi tenaga robot.Hal tersebut bisa terjadi karena robot lebih bisa di andalkan daripada manusia.Solusinya membuat perbandingan yang sama antara pekerja robot dan pekerja manusia,membuat suatu industri yang dengan bantuan manusia dan robot bisa jauh lebih efisien,cara kerja seperti itu juga bisa mengurangin jumlah pengangguran di indonesia














    Kasus kedua
    Menurut saya,faktor penyebabnya yaitu karena kurangnya perhatian orang tua.kebanyakan orang tua memberi kan anaknya gadget,supaya anak tersebut gampang diatur.tapi lain dari dugaanya, anak tersebut malah menjadi kecanduan dan sulit untuk di jauhkan dari gadget. Apalagi mereka sudah mengenal game online,biasanya apapun akan mereka lakukan demi game online. Hal tersebut bisa terjadi karena orang tua menanggap bahwa gadget atau game online tidak akan membuat kecanduan.banyak juga anak yang berfikir bahwa menjadi seorang gamers akan membuat kita, bisa mendapatkan pendapatan.Tapi,kebanyakannya tidak seperti itu malah banyak sekali anak yang kecanduan game online. Solusinya,kita bisa mengenalkan permainan tradisional untuk anak-anak yang masih bisa di ajak bermain,bermain game boleh saja, tapi harus tau batasannya jangan sampai kita lupa siapa diri kita,lupa teman riil kita.Memberikan banyak nasehat/tinjauan bahayanya bermain game

    BalasHapus
  17. Fathiya P
    IX-I

    Kasus 1:
    Menurut saya mengenai kasus tentang Robot yang menggantikan peran manusia ada hal positif dari kasus tersebut seperti robot dapat membantu pekerjaan manusia, lebih cepat,dan dapat memproduksi lebih banyak dalam waktu yg singkat lalu teknologi yang berkembang, dll. Namun ada juga hal negatifnya seperti lapak pekerjaan untuk manusia lebih sedikit,jumlah pengangguran makin bertambah dan masih banyak lagi. Solusinya perkembangan teknologi dengan keadaan harus dapat mengimbangi,juga seharusnya lowongan pekerjaan lebih banyak agar pengangguran tidak terus bertambah seiring berjalannya waktu.

    Kasus 2:
    Kecanduan bermain game sering terjadi di kalangan murid sekolah. Mereka bahkan lupa waktu untuk belajar. Solusinya mereka seharusnya dapat membagi waktu untuk belajar dan bermain game juga orang tua seharusnya membatasi anaknya bermaim game

    BalasHapus
  18. Nama : Sanggita Puspa Gumiwang
    Kelas : IX-I
    Kasus : 2

    Menurut saya, pada kasus 2 dijelaskan bahwa terdapat 10 orang anak dari Banyumas yang kecanduan game online. Pada data tersebut dijelaskan pula terdapat 7 anak Sekolah Dasar (SD) dan sisanya Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada dasarnya, mereka mengalami kecanduan game online yang disebabkannya kurangnya perhatian dari orangtua mereka. Maksud kurang perhatian di sini adalah tidak adanya pengawasan dari orangtua untuk mendidik anaknya di bidang teknologi informasi yang kini sangat maju. Tidak sedikit dari mereka yang menyalah gunakan teknologi informasi untuk tindakkan yang seharusnya tidak dilakukkan untuk anak seumuran mereka. Menurut artikel, mereka sekarang menjalani terapi di RSUD Banyumas. Saat wawancara dengan dokter Hilmi, beliau mengatakan kalau mereka yang mengalami kecanduan game online tidak seluruhnya mengalami broken home dan justru kemungkinan mereka berasal dari keluarga yang harmonis. Ada satu anak yang hanya tinggal bersama kakeknya, dia menjalani terapi sederhana dengan mengajak bermain layang-layang bersama kakek dan teman-teman sebayanya di lapangan untuk menghindari handphone dan warnet. Ada hal negatif lain yang bermula dari game online atau teknologi informasi, misalnya seperti seorang yang depresi akibat cacian dari orang-orang yang bermain game online. Mereka yang tercaci maki akan mengalami depresi akibat tekanan yang terus menerus. Akibat cacian itu, sang anak akan terus menerus bermain game online agar dapat memenangkan permaianan dan berakhir kecanduan. Banyak solusi yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kecanduan game online, diantaranya terapi dan mengajak anak-anak mengenal dunia luar yang lebih menyenangkan dibanding berdiam dan mengurung diri di kamar seorang diri. Untuk para orangtua, tolong awasi anak-anak anda agar mereka tidak mengalami kecanduan game online seperti anak-anak yang berada di Banyumas tersebut dan untuk anak-anak agar bisa mengatur waktu bermain game online dengan dunia luar. Real life lebih menyenangkan dibanding virtual :)

    BalasHapus
  19. Nama : Farrah Fatihatunnisa
    Kelas : IX-I

    Kasus I
    • Perihal tentang robot yang akan menggantikan peran manusia sebenarnya tak asing didengar karena semakin majunya teknologi di dunia ini, akan tetapi ini sangat tidak masuk akal apabila peran manusia digantikan oleh robot, karena manusia punya potensi untuk lebih pintar dari robot. Tapi ada sisi positif adanya robot, yaitu membantu atau meringankan pekerjaan manusia. Sisi negatif nya, manusia akan semakin malas apabila semua pekerjaan diselesaikan dengan bantuan robot.

    Faktor yang menyebabkan hal ini itu dikarenakan adanya tingkat pengangguran yang tinggi dan maju nya teknologi.

    Solusi dari sisi negatif adanya robot, yaitu dengan lebih giat dan rajin agar lebih pintar tidak kalah dari robot. Juga semangat bekerja dan belajar guna mengurangi tingkat pengangguran di negara sendiri.

    BalasHapus
  20. Nama:Muhammad Thariq Akbar Pratama
    Kelas:9i
    Absen:16

    Robot dapat memberi dampak positif dan negatif dampak negatifnya adalah manusia menjadi malas dan angka pengangguran bertambah terus, dampak positifnya pekerjaan manusia dapat di bantu oleh robot,Justru dengan adanya teknologi, muncullah sejumlah pekerjaan baru

    BalasHapus
  21. Nama : Muhammad Sidiq Noor Fauzi
    Kelas : 9I
    Absen : 22

    Kasus pertama ( robot )
    Adalah penemuan yg sangat lah menabjubkan bahkan saya berpikir kalau itu Mustahil , dan sekarang pun robot sudah bisa menggantikan manusia , kenapa bisa seperti itu ? Karna Manusi berpikir kalau robot bisa mengerjakan semua , jadi manusia hanya diam dan hanya memerintah robot seenaknya , tapi mungkin seseorang yg hanya memerintah robot itu sebenarnya mereka suatu saat akan di perbudak oleh robot kalau mereka terus melakukan hal seperti itu , coba bayangkan kalau manusia di jajah oleh robot pasti akan hancur

    BalasHapus
  22. Nama:Fidela Kurnia
    Kelas:9i

    1.KASUS 1 (JIKA MANUSIA DIGANTIKAN DENGAN ROBOT )
    Robot adalah alat penemuan yang sangat menakjubkan yang biasanya robot itu digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia atau membantu pekerjaan manusia. Tetapi dengan adanya perkembangan zaman robot terus menerus semakin berkembang dan pintar, bahkan robot pun bisa mengalahkan manusia. Dan sekarang banyak perusahaan yang tenaga kerjanya itu menggunakan teknologi robot padahal masih banyak orang diluar sana yang membutuhkan pekerjaan walaupun sebenarnya robot itu sangat membantu atau mempermudah pekerjaan dan menghemat biaya perusahaan. Pengunaan robot pada zaman sekarang ada y as ng memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi lingkungan sekitar, contohnya sebagai berikut
    Dampak positif
    1. Menghemat pembiayaan bagi perusahaan
    Karena bila jika mempekerjakan orang perusahaan harus membayar gaji pada orang yang dipekerjakannya
    2. Pekerjaan lebih mudah dan cepat
    Karena bila yang mengerjakannya adalah manusia pasti ada kesulitan dan jangka waktu untuk mengerjakannya
    3. Karena robot tidak merasa lelah
    Karena bila manusia yang dipekerjakan memiliki rasa lelah dan capek saat melakukan pekerjaan
    4. Karena sekarang banyak robot yang lebih pintar dari manusia
    Karena sekrang banyak robot robot yang dibuat lebih pintar dari manusia
    Dampak negatif
    1. Sedikitnya lapangan pekerjaan
    Banyaknya penganggurab
    2. Manusia menjadi lebih malas berfikir dengan adanya robot
    Karena mereka menganggap bahwa semuanya itu akan beres sendirinya dengan bantuan robot
    3. Manusia menjadi lebih malas beraktivitas
    Karena dengan bantuan robot manusia tidak aktif untuk menggerakkan badan
    4. Robot bisa menggantikan posisi manusia
    Karena robot benar benar sangat diandalkan sehingga manusia diterlantarkan

    KASUS 2 (GAME ONLINE)
    Sudah tidak asing lagi kalau game online ini sangat terkenal namanya, karena pemain game online banyak sekali peminatnya. Bermain game online boleh boleh saja tetapi ada batasannya, kalau misalkan kita berlebihan bisa jadi ketergantungan pada game. Dan saya pernah mendengar bahwa ada anak yang dibawa kerumah sakit jiwa karena game online, jadi singkat cerita pengurus rumah sakit jiwa memberikan hp rusak pada anak yang memiliki gangguan mental lalu anak itu tidak lepas dari hp itu selanjutnya ada anak yang memiliki gangguan mental yang tangan dan jarinya itu seperti memainkan hp padahal dia tidak memainkan hp. Bermain game online ada dampak positif san negatifnya, yaitu
    Dampak positif
    1. Kita terhibur
    Karena kadang kadang mungkin kita meras lelah dan butuh sedikit hiburan dengan cara bermain game
    2. Mengasah otak
    Karena kalau kita bermain game pasti butuh strategi agar bisa memenangkan game itu
    3. Bisa mengenal lebih banyak teman
    Marena game online biasanya bermain dengan banyak orang yang kita tidak kenal
    Dampak negatif
    1. Bisa membuat kecanduan
    Karena game online bisa membuat pemainnya itu yerus menerua bermain game itu
    2. Penyebab malas belajar
    Karena biasanya orang malas belajar adalah lebih mementingkan bermain game online daripada belajar
    3. Emosi tidak terkendali
    Karena dengan bermain game emosi kita dipermainkan sehingga dapat menyebabkan emosi kita meningkat dan akhirnya emosi kita tidak dapat bisa kita kendalikan

    BalasHapus

SOAL KELAS 9 IPA